jump to navigation

Metode Ilmiah Agustus 23, 2013

Posted by hadagomes in Biologi Kelas X.
trackback

Metode ilmiah
 Pendahuluan
Mengapa sikap ilmiah ini perlu Anda pelajari?

Guna mengembangkan sikap kritis, objektif dan bijaksana dalam memecahkan suatu permasalahan yang Anda temui.

Ilmiah kerja
Metode Ilmiah
Metode Ilmiah adalah suatu prosedur atau tatacara yang sistematis yang digunakan para ilmuwan untuk memecahkan masalah kerja ilmiah melalaui langka-langkah yang teratur.

Metode dan kerja ilmiah telah dilakukan sejak : Galileo Galilei (1564-1642).
Aristoteles (422-384 SM), Alexander Flemming (1928) yang menemukan Penisilin.

1. Merumuskan Masalah
Sebelum melakukan penelitian, langkah awal harus dikerjakan adalah merumuskan masalah.
Apakah masalah itu?
Masalah adalah kesenjangan antara kenyataan dan harapan.
atau peristiwa atau keadaan yang tidak inginkan sehingga kita berusaha untuk mengatasinya.

B. Langkahlangkah dalam metode Ilmiah :
 Merumuskan Masalah
 Pengajuan hipotesa
 Merencanakan penelitian
 Mengumpulkan data
 Analisa data
 Menarik Kesimpulan
 Mempublikasikan hasil penelitian

 Masalah penelitian di peroleh dari berbagai sumber, antara lain :
– litaratur (buku,majalah, artikel, jurnal ilmiah atau skripsi).
– masalah bisa ditemukan dari pengamatan sehari-harin, misalnya ;
mengapa padi di sawah terserang hawa wereng
mengapa ikan di kolam terserang penyakit, dan
mengapa tanaman di kebun sulit tumbuh.

Masalah yang ada selanjutnya kita buat rumusan masalah.

Menentukan Masalah
 Berpikir deduktif,
yaitu dari pernyataan umum menjadi yang lebih khusus sebagai hasil berpikir logis(masuk akal),
contoh : setiap makhluh hidup membutuhkan makanan (umum), ikan pasti membutuhkan makanan (khusus)
 Berpikir induktif,
dari fakta menjadi pernyataan yang bersifat umum.contoh :semua tumbuhan hijau berfotosintesis

2. Pengajuan hipotesa/hipotesis
Hipotesis adalah dugaan atau “jawaban” sementara mengenai suatu hal atau permasalahan yang akan dibuktikan kebenarannya melalaui data-data atau fakta-fakta hasil penelitian.
Pada umumnya, hipotesis menunjuk pada hubungan antara dua variabel atau lebih.

Contoh judul penelitian
“Pengaruh Pemberian Dosis Vitamin C terhadap Pertumbuhan Anak Ayam”

Hipotesis dibagi menjadi 2 yakni’
 Hipotesis nol(H0)
 Hipotesis alternatif (H1)

 Hipotesis (Ho) adalah hipotesis yang menyatakan tidak ada pengaruh/hubungan antara satu variabel dan variabel yang lain.
bunyi hipotesis nol (Ho) menjadi “Tidak ada pengaruh pemebrian dosis vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan vitamin D terhadap pertumbuhan anak ayam.
Lanjutan
b.Hipotesis Alternatif (H1) adalah hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh/hubungan antara variabel yang satu dengan varibel yang lain.
Hipotesis ini ditulis H1:
Pengaruh pemberian dosis vitamin C terhadap pertumbuhan anak ayam.
lanjutan
Contoh :
Rumusan masalah : Apakah pemberian dosis vitamin C berpengaruh terhadap pertumbuhan anak ayam?
– Variabel bebas : Dosis vitamin C
– Variabel terikat : pertumbuhan anak ayam
– Ho : Tidak ada pengaruh pemebrian dosis vitamin C terhadap
pertumbuhan anak ayam
– H1 : Ada pengaruh pemebrian dosis vitamin C terhadap
pertumbuhan anak ayam

3. Merencanakan Penelitian Ilmiah
 Menentukan masalah,tujuan, dan bentuk penelitian
 Menentukan variabel dan hipotesis
 Menentukan metode dan instrumen penelitian
 Menentukan cara mengolah dan menganalisis data

Sumber data

 Langkah-langkah :
 Populasi dan sampel
Populasi adalah seluruh anggota kelompok objek penelitian atau kelompok subjek di mana kesimpulan akan digeneralisasikan.
Sampel adalah anggota bagian populasi yang mewakili populasi.

b. Variabel dan operasional variabel
Variabel adalah suatu kondisi yang dikenakan dan dikontrol atau dimana perubahaannya pada sekelompok objek penelitian.
Operasional variabel adalah penjelasan bagaimana variabel tersebut di ukur.
Macam-macam variabel :
 Variabel kontrol
adalah variabel yang dibuat sama oleh peneliti.

2) Variabel manipulatif/variabel bebas adalah variabel yang sengaja dibuat tidak sama oleh peneliti.
3) Variabel respon/varibel terikat adalah variabel yang terjadi akibat perlakuan variabel bebas.
Contoh : Judul penelitian “Pengaruh perendaman terhadap pertumbuhan biji kacang hijau”
Variabel bebas : lama perendaman
Variabel terikat : pertumbuhan biji kacang hijau
Variabel kontrol : suhu,kelembapan, dan cahaya.

1. Apakah kadar garam mempengaruhi pertumbuhan populasi ikan di sungai ?
 Variabel bebas : Kadar garam
 Variabel terikat : Populasi ikan
 Variabel kontrol : Air sungai, jenis ikan
 2. Adakah pengaruh susu terhadap kegemukan badan?
– Variabel bebas : susu
– Varibel terikat : kegemukan

3. Apakah pengaruh pemberian pupuk ure terhadap kecepatan pertumbuhan tanaman jagung?
 Variabel bebas : Dosis pupuk ure : 30%, 50%.
 Variabel terikat : Kecepatan pertumbuhan pada tanaman jagung.
 Varibel kontrol : Tanaman jagung, jenis media tanaman (selain pupuk), wadah, penyiaran, suhu, penyiraman.

5. Analisa data
 Pada tingkat SMA, analisa data dilakukan dengan menafsirkan hasil pengamatan, kemudian mengubahnya dalam bentuk grafik.
 Dari grafik yang dibuat diharapkan anda dapat menggunakannya sebagai dasar-dasar untuk menarik suatu kesimpulan.
6. Mengambil kesimpulan
Dalam membuat kesimpulan, peneliti harus memerhatikan hipotesis yang diajukan serta data-data yang telah diperoleh dari hasil penelitian.
7. MENGOMUNIKASIKAN HASIL PENELITIAN
Hasil penelitian dapat dipublikan di perpustakan, internet, media masa dll.

Contoh menulis laporan penelitian
Judul peneltian

BAB I. Pendauluan
1.1. Latar belakang
1.2. Rumusan masalah
1.3. Tujuan penelitian
1.4. Manfaat penelitian
BAB II. TINJAUAN PUSTAKA
2.1. Kajian teori
2.2. Kajian hasil-hasil penelitian
2.3. Rumusan hipotesis (bila ada)
BAB III. Metode Penelitian
BAB IV. Pembahasan
BAB V. Kesimpulan dan sara.

kerja ilmiah

*Merencanakan
*Melaksanakan
*Mengkomunikasikan
*Bersikap Ilmiah

MELAKSANAKAN PENELITIAN

 Menyiapkan metode dan instrumen penelitian
 Mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data
 Menyimpulkan dan merekomendasikan Hasil Penelitian
 Memperbaiki Hipotesis, melakukan Uji Ulang

 Pendahuluan
 Kajian teori dan kerangka pemikiran
 Metodologi Penelitian
 Hasil dan Pembahasan
 Kesimpulan
BERSIKAP ILMIAH
 Membedakan fakta dan opini
 Kritis,jujur, mau bekerja sama dan bertanggung jawab
 Tekun dan peduli terhadap lingkungan

Menentukan variabel
 Variabel bebas (variabel manipulasi) yaitu variabel yang sengaja diubah-ubah oleh peneliti.
 Variabel terikat (variabel respon) variabel yang diharapkan sebagai akibat dari varibel manipulasi
 Variabel kontrol, yaitu variabel yang tidak diberikan perlakuan yang berbeda, dan harus tetap dijaga agar tidak menimbulkan pengaruh pada penelitian.

Contoh :
Rumusan masalah :

 Mengolah dan menganalisis data menggunakan statistik deskriptif
 exp. : tabel, diagram, gambar grafik, foto
 Beberapa contoh Diagram antara lain :
 Diagram garis: untuk menunjukkan keterkaitan antara variabel bebas dg.variabel terikat
 Diagram batang :untuk menunjukkan 2 kelompok data yang tidak berhubungan dengan kontinuitas
 Diagram lingkaran: sama dengan diagram batang
Contoh menampilkan data
a. Menampilkan data dalam bentuk Tabel

b. Menampilkan data dalam bentuk diagram, antara lain ;
1. Diangram Lingkar

2. Diagram Batang

3. Diagram garis

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: